Susu yang Diperlukan untuk Tumbuh Kembang Anak 5-12 Tahun

Susu yang Diperlukan untuk Tumbuh Kembang Anak 5-12 Tahun

Anak yang sudah menginjak usia antara 5 sampai 12 tahun pada umumnya sudah sering makan di luar dan tau makanan apa yang ingin ia konsumsi. Makan yang di pilih bisa saja hasil dari pengaruh oleh teman, tv, iklan dll. Walaupun begitu kita sebagai orang tua tetap harus mendampingi apa yang di konsumsi oleh anak, agar kebutuhan nutrisi tercukup sehingga pertumbuhan anak tetap sempurna seperti yang seharusnya.

Jika di bandingkan dengan bayi memang anak yang umur 5 tahun ke atas pertumbuhannya agak lambat, walau begitu anak yang sudah mulai mengeyam dunia pendidikan memiliki kebutuhan yang tinggi akan gizinya, namun berbanding dengan selera makannya yang kecil.

Oleh sebab itu pemilhan cemilan untuk anak itu harus di perhatikan apakah memiliki energi dan nutrisi yang di butuhkan oleh anak untuk beraktivitas serta menduku tumbuh kembang sang anak. Pilihan makanan anak pada usia dini ini mempengaruhi apa yang akan terjadi di masa depan.

Terjadinya obesitas biasanya juga terjadi pada masih anak-anak karena kebutuhan energi yang tertidak terkontrol dan pola makan yang tidak terkontrol sehingga terjadi hal tersebut pada anak-anak . Umumnya anak-anak yang mengalami kelebihan berat badan terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkalori tinggi.

Untuk memenuhi kebuthan nutrsi selain makanan, anak juga membutuhkan susu pertumbuhan anak usia 5 tahun keatas. Susu membantu pembentukan masa otot dan pementukan tulang yang padat sehingga mengurangi resiko terjadinya kelebihan berat badan atau terlalu kurus karena kekurangan nutrisi.

Susu yang di konsumsi oleh anak di atas 5 tahun harus mengandung beberapa zat gizi yang seperti dibawah ini agar pertumbuhan anak tidak terhambat.

  • Kalsium, sangat penting untuk pertumbuhan tulang pada anak.
  • Vitamin D, meningkatkan kemampuan tubuh menyerap kalsium sehingga tulang tidak tipis serta tidak mudah retak.
  • Asam Folat, Pada masa anak anak tubuh akan membuat banyak sel pada masa pertumbuhannya. Oleh sebab itu di perlukan asam folat untuk membantu perkembangan sel dan fungsinya.
  • Zat Besi, Anak yang kekurangan zat besi akan mudah mengalami ngantuk, lelah dan lesu. Karena zah besi menjaga sel darah merah agar tetap dalam kondisi sehat. Agar zat besi terserap dengan baik, konsumsilah makanan yang mengandung Vitamin C yang bisa di dapatkan pada jus buah dan jeruk.
  • Rendah lemak dan gula, penting untuk memastikan susu yang di konsumsi oleh anak tidak mengandung gula yang tinggi dan lemak. Karena selain bisa mengakibatkan obesitas, susu dengan gula tinggi membuat gigi anak menjadi kropos dan rawan berlubang.

Apabila disini ada yang tanya, susu apa yang tepat untuk anak? Gak perlu pusing, cukup mengkonsumsi prodak susu dari nestle, pilihlah sesuai kebutuhan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Membuat Siomay Ayam yang Lembut dan Enak Previous post Cara Membuat Siomay Ayam yang Lembut dan Enak
4 Cara Memberikan Makanan Bagus Untuk Kucing, Agar Selalu Sehat Next post 4 Cara Memberikan Makanan Bagus Untuk Kucing, Agar Selalu Sehat