Resiko Penyakit yang Menjadi Penyebab Gagal Jantung

Resiko Penyakit yang Menjadi Penyebab Gagal Jantung

Ada banyak penyebab gagal jantung dan faktor risiko gagal jantung. Dengan mengetahui penyebab gagal jantung dan faktor risikonya, Anda dapat mencegah dan mengantisipasinya. Gagal jantung adalah suatu kondisi di mana jantung tidak dapat memompa darah dan oksigen secara efektif ke seluruh organ tubuh. Akibatnya, banyak fungsi organ dalam tubuh akan terganggu.

Penyebab yang Dapat Meningkatkan Risiko Gagal Jantung

  • Penyakit jantung koroner

Penyakit arteri koroner adalah penyebab paling umum dari gagal jantung. Kondisi jantung ini terjadi karena adanya penyumbatan (plak) yang menyumbat pembuluh darah jantung sehingga menyebabkan aliran darah ke jantung tidak teratur.

Akibatnya, otot jantung akan rusak akibat kekurangan suplai oksigen sehingga jantung tidak dapat memompa darah dengan baik. Ini menempatkan orang dengan penyakit arteri koroner pada risiko gagal jantung.

  • Hipertensi

Ketika tekanan di pembuluh darah terlalu tinggi, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah untuk memastikan suplai ke seluruh organ tubuh. Jika tekanan darah tinggi tidak diobati, otot jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Jika beban kerja jantung terlalu banyak karena harus memompa lebih banyak darah, otot jantung bisa menjadi kaku dari waktu ke waktu, sehingga mengurangi kemampuan jantung untuk memompa darah.

  • Katup jantung rusak

Sistem peredaran darah dalam tubuh dapat diibaratkan jalan satu arah. Bagian jantung yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa aliran darah ke dan dari jantung tidak terbalik adalah katup jantung. Karena itu, ketika katup jantung rusak, aliran darah dapat tersumbat dan menyebabkan penyakit jantung.

Aliran darah yang tersumbat akibat kelainan katup jantung menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Seiring waktu, jantung yang dipaksa bekerja lebih keras akan menjadi lebih lemah dan mencegah jantung memompa darah secara normal, yang menyebabkan gagal jantung.

  • Diabetes

Orang dengan diabetes berada pada peningkatan risiko gagal jantung. Risiko ini akan semakin besar jika gula darah pasien tidak terkontrol atau cenderung tinggi. Ada beberapa alasan mengapa diabetes berperan dalam menyebabkan gagal jantung. Salah satunya adalah diabetes dapat merusak pembuluh darah di jantung dan ginjal, sehingga menyebabkan fungsi jantung menurun seiring waktu.

Penyebab lainnya adalah gula darah yang tinggi menyebabkan darah menggumpal dan mengental, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ini menempatkan penderita diabetes pada risiko gagal jantung.

  • Aritmia

Aritmia merupakan kondisi detak jantung yang tidak teratur, terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur. Ketika irama jantung tidak normal, kondisi tersebut mengganggu fungsi jantung secara keseluruhan, termasuk kemampuan jantung untuk memompa darah.

  • Kelainan atau kerusakan otot jantung (kardiomiopati)

Otot jantung berperan penting dalam memompa darah. Jika otot jantung rusak, maka jantung akan sulit memompa darah secara normal. Akibatnya, suplai darah ke organ-organ dalam tubuh akan terganggu. Cedera pada miokardium dapat memiliki banyak penyebab, termasuk faktor bawaan, miokarditis, gangguan jaringan ikat, dan hipertensi kronis.

  • Miokarditis

Miokarditis adalah peradangan otot jantung yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Selain infeksi virus, miokarditis juga dapat disebabkan oleh infeksi parasit dan jamur, serta penyakit auto imun. Peradangan yang terjadi dapat mengganggu fungsi jantung, termasuk mencegah jantung memompa darah secara efisien.

Jangan sampai terlambat, jalankan pola hidup sehat untuk menghindari berbagai penyakit mematikan termasuk gagal jantung. Tidak lupa juga melindungi Anda dan keluarga dengan asuransi rawat jalan dari Super Easy Health dengan perlindungan yang lengkap.

Ini Cara Membedakan Jenis di Kamar Hotel Previous post Ini Cara Membedakan Jenis di Kamar Hotel