• Mon. Jan 30th, 2023

geitsubo.net

Layanan informasi dan berita terkini

Mengenal Sejarah V60 dan Teknik Pembuatannya

Byadmin

Dec 9, 2022
Mengenal Sejarah V60 dan Teknik Pembuatannya

Pernah mendengar tentang V60? Ya, bisa dikatakan bahwa V60 menjadi salah satu metode pembuatan kopi yang paling populer hingga saat ini. Dengan menggunakan alat berbentuk cone, Anda bisa membuat kopi yang nikmat untuk dinikmati sehari-hari. Namun, bagaimanakah sejarah V60 ini sebenarnya?

Di bali popularitas yang muncul saat ini, ada semacam perjalanan panjang dari metode seduh V60 sejak beberapa waktu silam. Tentu saja, Anda yang tertarik dengan dunia kopi perlu mengetahui sejarah metode seduh ini meskipun sedikit saja.

Sekilas Tentang Sejarah V60

V60 merupakan sebuah teknik pembuatan kopi yang dilakukan dengan menuang air secara perlahan ke bubuk kopi yang ditempatkan pada kertas dripper. Nah, dripper yang digunakan memiliki kemiringan sudut sekitar 60 derajat dan berbentuk cone seperti huruf V. Inilah kenapa kemudian dripper ini serta metode penyeduhan yang dilakukan disebut dengan istilah V60.

Konon, V60 sudah ada di belantika kopi dunia sejak tahun 1950an silam. Jika hal ini benar, tentu saja V60 menjadi salah satu alat pembuatan kopi tertua yang ada di dunia hingga saat ini.

Dalam catatan sejarah, V60 pertama kali dibuat di Jepang. Pabrik pembuatan alat ini awalnya hanya memproduksi alat dari gelas serta peralatan tahan panas saja yang keduanya digunakan untuk penelitian ilmiah. Namun, seiring berjalannya waktu, pabrik kemudian memproduksi V60.

Teknik Pembuatan Kopi Menggunakan V60

Seperti disinggung sebelumnya, hingga saat ini, V60 masih menjadi salah satu alat pembuat kopi terkenal di dunia. Terlebih, ada sosok TetsuKasuya yang berhasil menjadi juara dunia dengan menggunakan alat ini.

Secara umum, tentu teknik pembuatan kopi menggunakan V60 bisa berbeda-beda sesuai preferensi yang digunakan. Hanya saja, untuk Anda yang ingin membuat kopi dengan alat ini, adapun langkah pembuatan sederhana yang bisa dicoba adalah:

  1. Pertama, siapkan air yang hendak digunakan. Dalam hal ini, gunakan air mineral dan rebus hingga suhu mencapai 93 derajat celcius.
  2. Setelah itu, giling biji kopi dengan ukuran medium
  3. Siapkan V60 dan tempatan di atas server. Taruh paper filter di atasnya dan tuang air untuk membasahi paper filter hingga merata lalu buang air bilasan tersebut
  4. Nah, tuang bubuk kopi ke V60 yang sudah dilapisi paper filter tadi
  5. Tuang air perlahan. Dalam hal ini, Anda bisa membaginya menjadi beberapa termin tuangan untuk mendapatkan rasa kopi yang maksimal
  6. Tunggu air di kopi berhenti dan kopi ala V60 sudah siap untuk dinikmati

Di balik sejarah V60 yang cukup panjang, terdapat kemudahan untuk menggunakan alat ini. Hanya saja, tentu Anda perlu melatih kemampuan Anda menggunakan alat ini terutama untuk menentukan paduan kopi dan air yang pas agar rasa kopi yang didapatkan cenderung lebih maksimal.