Inilah 3 Faktor Penyebab Menstruasi Terlambat yang Perlu Diperhatikan

Inilah 3 Faktor Penyebab Menstruasi Terlambat yang Perlu Diperhatikan

Setelah mencapai usia tertentu, seorang gadis akan mengalami proses menstruasi yang terjadi secara rutin setiap bulan. Proses ini adalah suatu perubahan fisiologis yang terjadi pada tubuh wanita yang dipengaruhi oleh hormon-hormon reproduksi berupa progesteron dan estrogen. Namun demikian, terkadang menstruasi terlambat datang karena sebab adanya faktor-faktor tertentu.

Berikut faktor-faktor yang dapat menyebabkan periode menstruasi terlambat datang. Hal ini perlu diperhatikan supaya siklus bulanan ini tidak menjadi terganggu.

  1. Melakukan Olahraga Secara Berlebihan

Olahraga memang sangat baik bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin. Namun ada kalanya suatu ketika seseorang melakukan olahraga dengan intensitas yang sangat tinggi, lebih dari biasa yang dilakukan. Tidak selalu bermanfaat positif, hal ini rupanya dapat mempengaruhi siklus menstruasi bulanan.

Pasalnya olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan hilangnya cadangan lemak pada tubuh dalam jumlah besar secara tiba-tiba. Hilangnya cadangan lemak ini pada gilirannya dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan hormon progesteron dan estrogen yang mengatur proses menstruasi. Akibatnya berupa telat haid atau bahkan tidak mengalaminya sama sekali.

  1. Mengalami Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik yang juga dikenal sebagai Polycistic Ovarium Syndrome atau PCOS adalah suatu kelainan hormonal yang ditandai dengan gejala khas berupa adanya kista pada indung telur atau ovarium. Pada remaja dengan sindrom ini, proses pelepasan sel telur akan menjadi terhambat.

Hal ini karena terdapat folikel atau gelembung-gelembung sel pada indung telur sehingga telur terhambat untuk menjadi matang dan terlepas. Sindrom PCOS belum diketahui penyebabnya secara pasti. Namun diduga bahwa sindrom ini berhubungan dengan kondisi tertentu, di antaranya berupa resistensi insulin dan sindrom metabolik.

Sindrom PCOS dapat menyebabkan keterlambatan datangnya haid, bahkan tidak mengalaminya sama sekali. Sindrom ini berpengaruh terhadap kesuburan wanita. Idealnya kondisi seperti ini tidak dianggap sepele karena dapat berdampak pada masa depan wanita yang bersangkutan. Apabila sering mengalami keterlambatan periode datang bulan, sebaiknya juga memeriksakan diri kepada dokter untuk penanganan selanjutnya.

  1. Terjadinya Gejala Menopause Dini

Sebelum masa menopause, biasanya diawali dengan masa yang disebut perimenopause. Perimenopause sendiri terjadi pada 2 sampai 8 tahun sebelum menopause. Pada fase perimenopause, menstruasi bisa datang lebih sering atau sebaliknya malah lebih jarang. Fase ini juga ditandai dengan gejala berupa sulit tidur, gangguan mood, sering berkeringat, dan hot flash.

Umumnya wanita mengalami menopause pada usia 45 sampai 55 tahun. Namun terdapat kondisi menopause dini yang terjadi pada usia di bawah 40 tahun ke bawah. Menopause dini mengakibatkan terlambatnya menstruasi atau malah tidak sama sekali.

Demikianlah 3 faktor penyebab menstruasi terlambat datang. Dalam hal ini, apabila keterlambatan haid terjadi dalam waktu yang cukup lama, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, bisa juga dengan mengunjungi situs charmgirlstalk.com untuk mendapatkan informasi-informasi kewanitaan yang dibutuhkan.

Membuat Kopi Hitam Dengan Resep Kopi Enak Previous post Membuat Kopi Hitam Dengan Resep Kopi Enak
Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah dengan Menghemat Air Next post Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah dengan Menghemat Air