Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah dengan Menghemat Air

Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah dengan Menghemat Air

Air menjadi elemen paling penting untuk kehidupan baik untuk konsumsi, memasak, hingga untuk mencuci dan membilas diri. Ketika air tidak digunakan dengan hemat maka ada kemungkinan di masa depan, keberadaan air bersih akan sangat langka. Ada beberapa cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah dalam hal mengehemat air, ini dia:

1. Melihat Kebocoran Toilet

Langkah pertama dalam menghemat air adalah dengan mengecek apakah ada kebocoran di dalam toilet. Caranya adalah dengan memberikan pewarna makanan pada penyimpanan air kemudian lihat apakah ada bercak air ketika toilet tidak digunakan. Hal ini sering dilupakan padahal dalam satu hari bisa saja ada lebih dari 100 galon air yang terbuang setiap harinya.

2. Berhenti Menggunakan WC sebagai Tempat Sampah

Banyak orang gemar merokok di dalam toilet ketika tengah mandi atau buang air karena dianggap punya kenikmatan tersendiri. Setelah merokok biasanya puntung rokok akan dibuang ke dalam WC kemudian disiram hingga masuk ke dalam pipa saluran. Proses agar puntung rokok ini bisa menghabiskan 5-7 galon air yang memang jumlah pengeluaran cukup banyak.

3. Memberi Botol di Tangki Kloset

Lazimnya ketika seseorang memencet flush satu kali maka akan keluar air sebanyak 5-7 galon padahal hanya untuk kencing. Pengeluaran ini bisa terlalu banyak bahkan ketika seseorang buang air besar dan ini bisa disiasati dengan pemberian botol. Masukkan satu botol kecil yang diisi dengan pasir di dalam tangki kloset untuk mengurangi volume air di dalamnya.

4. Mandi dengan Air Secukupnya

Cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah dengan menghemat air selanjutnya adalah mandi dengan air secukupnya. Orang seringkali mandi dengan air berlebihan, misalnya dalam penggunaan shower bisa menghabiskan 5-7 galon air. Cobalah untuk mengurangi penggunaan air saat mandi baik dengan mengurangi lama waktu shower dan lainnya.

5. Matikan Air saat Sikat Gigi

Menyikat gigi adalah aktivitas sehari-hari yang selalu dilakukan di pagi dan malam hari dengan penggunaan air yang cukup banyak. Masih banyak orang tidak mematikan kran air ketika tengah menyikat gigi karena dianggap tidak begitu penting. Padahal ketika menghidupkan air, penggunaan air terus berjalan dan ada air bersih yang terbuang sia-sia.

6. Siram Tanaman sesuai Kebutuhan

Ada banyak orang yang senang mengurus tanaman kemudian gemar menyiram tanaman secara berlebihan. Selalu pastikan menyiram tanaman di waktu tertentu saja seperti pagi atau sore hari secukupnya agar tidak ada air yang hilang.

Masih ada banyak cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah dalam hal menghemat air seperti pengecekan berkala kran air. Meskipun tergolong hal kecil tetapi menghemat air di rumah bisa punya dampak besar terhadap masa depan apalagi ketika banyak orang menerapkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inilah 3 Faktor Penyebab Menstruasi Terlambat yang Perlu Diperhatikan Previous post Inilah 3 Faktor Penyebab Menstruasi Terlambat yang Perlu Diperhatikan
Manfaat Olahraga di Rumah Untuk Anak Saat Puasa Untuk Kesehatan Next post Manfaat Olahraga di Rumah Untuk Anak Saat Puasa Untuk Kesehatan