Cara Membuat Siomay Ayam yang Lembut dan Enak

Cara Membuat Siomay Ayam yang Lembut dan Enak

Siomay ayam jadi salah satu menu yang mudah untuk dibuat dan pasti disukai oleh semua anggota keluarga, khususnya anak-anak. Selain penuh gizi, makanan yang satu ini punya cita rasa yang enak dan tekstur kenyal. Agar tak gagal saat membuat siomay yang lembut dan enak, berikut adalah panduan cara membuat siomay ayam yang bisa Anda ikuti:

1. Gunakan Bahan Segar

Langkah pertama, pilihlah bahan-bahan yang masih segar sehingga kualitasnya juga terjamin. Khusus untuk menu siomay satu ini, Anda perlu memilih daging ayam yang masih segar. Gunakan daging ayam dari bagian paha yang tergolong lebih lunak dan lembut dari bagian lainnya.

Bagaimana cara mengetahui daging ayam masih dalam kondisi segar atau tidak? Perhatikan warna dagingnya. Jika daging berwarna merah muda atau kemerahan artinya daging ayam tersebut dalam kondisi segar dan bisa dipakai. Jika ingin mengolah siomay di kemudian hari, maka simpan dulu daging ayam yang sudah dibeli di dalam freezer.

2. Uleni Adonan dengan Benar

Demi mendapatkan tekstur siomay yang kenyal tapi juga lembut, Anda harus menguleni adonan dengan benar. Adonan siomay yang sudah tercampur rata, harus diuleni terus sampai teksturnya kalis. Tujuannya adalah untuk menjaga konsistensi adonan siomay saat dikukus supaya tidak pecah.

Salah satu teknik menguleni yang bisa Anda lakukan adalah dengan membanting-banting adonan. Adonan yang sudah sedikit padat dan kalis bisa dibanting-banting kemudian terus dipijat. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung sagu sambil menguleni adonan tersebut.

3. Gunakan Minyak Sayur

Anda juga sangat disarankan untuk memakai minyak sayur saat membuat siomay. Minyak sayur ini tidak dimasukkan ke dalam adonan melainkan digunakan untuk mengolesi panci kukusan. Selain itu, setiap butir siomay juga perlu diolesi dengan minyak sayur. Tujuannya adalah agar siomay tidak menempel atau tidak lengket di permukaan panci.

Seringkali kegagalan yang terjadi saat membuat siomay adalah siomay lengket dengan permukaan panci. Bisa juga siomay lengket satu sama lain. Akibatnya siomay sulit diangkat dan ketika diangkat malah hancur. Jadi, gunakan minyak sayur untuk menjaga bentuk siomay saat dikukus.

4. Panaskan Panci Terlebih Dahulu

Sebelum mulai mengukus siomay, sangat disarankan untuk memanaskan panci terlebih dahulu. Jangan langsung menata siomay ke panci kukusan dalam kondisi dingin. Pemanasan panci dilakukan untuk memastikan panas merata sehingga nanti siomay bisa menerima panas secara merata.

Selain itu, siapkan kain lap bersih untuk menutup bagian bawah tutup panci. Hal ini dilakukan agar uap air nanti tidak menetes dan membasahi siomay Anda. Pilih kain lap yang bersih, kalau bisa memang khusus dipakai untuk mengukus makanan.

Itulah tadi 4 cara membuat siomay ayam yang benar agar dihasilkan siomay yang kenyal, lembut, juga enak. Ikuti resep pembuatan siomay yang Anda miliki dan terapkan cara-cara ini. Dijamin siomay yang dihasilkan nanti punya rasa nikmat dan disukai anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Cemilan Produk Nestle Terenak Previous post Rekomendasi Cemilan Produk Nestle Terenak
Susu yang Diperlukan untuk Tumbuh Kembang Anak 5-12 Tahun Next post Susu yang Diperlukan untuk Tumbuh Kembang Anak 5-12 Tahun