Cara Membaca Laporan Keuangan Bagi Investor

Cara Membaca Laporan Keuangan Bagi Investor

Laporan keuangan memiliki peran yang penting bukan hanya bagi perusahaan namun juga bagi investor yang ingin menanamkan modal di perusahaan tersebut atau ingin membuat keputusan apakah harus menjual saham atau kembali membeli saham. Keputusan ini bisa ditentukan berdasarkan laporan keuangan perusahaan.

Membaca Laporan Keuangan

  1. Laba bersih, dan/atau ekuitasnya naik

Laba bersih yang meningkat menunjukkan perusahaan berkembang. Sama halnya juga apabila ekuitas naik artinya banyak investor yang percaya dengan perusahaan tersebut.

  1. Membayar dividen 30-40% atau lebih dari laba bersih perusahaan dalam setahun

Dividen adalah keuntungan yang harus dibayarkan kepada pemegang saham. Data dividen ini sangatlah penting karena menunjukkan bagaimana mereka mengatur laba bersihnya dengan baik. patut dicurigai apabila mereka mendapatkan laba bersih yang meningkat namun tidak membayar dividen atau dibayarkan hanya di bawah 30%. Semakin tinggi pembayaran dividen tentu semakin baik.

  1. Memiliki utang yang kecil

Utang atau kewajiban perusahaan harus ditulis dengan jelas dalam laporan keuangan. Investor harus pintar menilai apakah utang perusahaan tinggi atau rendah serta melihat kemampuan perusahaan dalam membayar utang tersebut.

  1. Utang yang mengandung bunga

Setiap bisnis memang akan memiliki utang namun bisnis yang baik adalah dapat memanfaatkan utang untuk menghasilkan keuntungan misalnya pinjaman bank, obligasi, dll.  Dengan jenis pinjaman ini, pembayaran bunga mewakili biaya operasional perusahaan dan mengurangi pendapatan akhir.

  1. Angka laporan arus kas tidak berbeda dari laporan laba rugi

Tinjau bagian arus kas dari aktivitas operasi dan bandingkan dengan nilai penjualan dan keuntungan. Tidak mungkin jika jumlahnya sama namun adapun perbedaan tidak terlalu signifikan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perbedaan yang signifikan sehingga harus meninjau seluruh laporan keuangan.

Menyusun Laporan Keuangan

Menyusun laporan keuangan memang tidak bisa dibilang mudah. Namun ada aplikasi pembukuan yang cocok digunakan untuk membantu penyusunan laporan keuangan dengan konsep yang lebih sederhana yaitu Moodah. Moodah sudah mendukung penyusunan laporan keuangan arus kas, modal, laba rugi, dan neraca. Cukup masukkan data sesuai dengan kolom yang tersedia dan Moodah akan membantu Anda menyusun semuanya dengan rapi dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 Cara Memberikan Makanan Bagus Untuk Kucing, Agar Selalu Sehat Previous post 4 Cara Memberikan Makanan Bagus Untuk Kucing, Agar Selalu Sehat
Membuat Kopi Hitam Dengan Resep Kopi Enak Next post Membuat Kopi Hitam Dengan Resep Kopi Enak