• Mon. Jan 30th, 2023

geitsubo.net

Layanan informasi dan berita terkini

Apa Saja Kandungan Gizi Susu yang Penting?

Byadmin

Jan 9, 2023
Apa Saja Kandungan Gizi Susu yang Penting?

Kelenjar susu (mammary gland) mamalia betina termasuk sapi, kambing, bahkan kerbau mengeluarkan susu, cairan putih yang dikonsumsi sebagai makanan dan sumber makanan. Susu memiliki kandungan gizi susu yang seimbang dan lengkap, termasuk protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Secara kimiawi, susu biasa terdiri dari mineral (0,07%), lemak (3,70%), protein (3,50%), laktosa (4,80%), dan air (87,20%). Secara kimiawi, susu adalah campuran lemak dan protein koloid dalam larutan karbohidrat dan garam mineral. Salah satu makanan dengan kandungan gizi tertinggi dan manfaat kesehatan terbanyak adalah susu.

Jenis Susu di Pasaran

Ada beberapa jenis susu yang beredar di pasaran tergantung dari jenis dan teknik pengolahan yang digunakan, yaitu:

1. Susu murni

Istilah “susu murni” atau “susu mentah” mengacu pada susu yang belum diproses. Susu murni sangat mudah rusak dan tidak dapat disimpan dengan baik tanpa penanganan khusus. Dampak cemaran mikroba sangat dipengaruhi oleh cemaran mikroba udara, alat pemerah susu, dan kebersihan kandang.

2. Susu pasteurisasi

Tujuan pasteurisasi susu adalah untuk menghancurkan bakteri berbahaya dengan memanaskannya hingga 63 derajat Celcius selama 30 menit. Susu yang dipasteurisasi memiliki umur simpan terbatas 12 hingga 16 hari setelah diproses, yang merupakan salah satu kelemahannya.

Bakteri tahan panas, atau bakteri yang dapat bertahan hidup pada suhu tinggi, tidak dapat dibunuh dengan teknik ini. Pasteurisasi menyebabkan kontaminasi melalui penggunaan mesin pengolah dan pengepakan. Gelas, botol, dan kemasan plastik fleksibel adalah jenis kemasan yang paling sering digunakan dalam pasteurisasi.

3. Susu UHT

Karena menggunakan peralatan yang lebih modern dan higienis di bawah pengawasan pemrosesan yang hati-hati, susu pasteurisasi adalah salah satu metode pemrosesan susu yang paling aman. Selama 2-3 detik, susu dipanaskan dengan suhu antara 135 hingga 145 derajat Celcius sebagai bagian dari proses pasteurisasi. Susu UHT tidak memerlukan pendinginan hingga 10 bulan setelah pembuatan karena kemasan aseptik berlapis yang memastikan susu aman dan tahan lama.

Karena kemasan sering rusak selama pengiriman, kontaminasi mikroba biasanya terjadi selama distribusi ke pelanggan. Mikroorganisme tidak terbunuh oleh suhu rendah selama penyimpanan atau konsumsi; sebaliknya, mereka hanya dicegah untuk berkembang biak.

4. Susu bubuk

Tujuan pembuatan susu bubuk adalah untuk merebus susu dan menguapkan air sebanyak mungkin (pengeringan). Menurut cara pengolahannya, ada empat jenis susu bubuk yang berbeda: susu penuh, susu bubuk skim, bubuk krim, dan bubuk whey atau susu bubuk cepat saji lainnya.

Kandungan Gizi Susu Isocal

Kandungan protein pada susu Isocal memperkuat sel-sel kekebalan tubuh dan mendorong pemulihan kesehatan. Omega 3 dan 6 mendukung kesehatan jantung dan mengurangi peradangan. Pertumbuhan otak anak-anak dan kinerja kognitif keduanya dibantu oleh DHA, seperti ingatan orang dewasa.

Sistem kekebalan mendapat manfaat dari keberadaan seng, selenium, vitamin A, C, dan E, yang bertindak sebagai antioksidan kuat untuk mencegah kerusakan oksidatif pada sel kekebalan. Susu isocal sering disarankan untuk anak-anak yang sedang dalam masa pemulihan kandungan gizi susu yang tinggi.