5 Kegiatan Kreatif untuk Anak TK yang Bagus untuk Perkembangan Otak

5 Kegiatan Kreatif untuk Anak TK yang Bagus untuk Perkembangan Otak

Pada anak yang sudah memasuki usia Taman Kanak-kanak (TK), anak-anak cenderung masih suka bermain dan hanya mau melakukan kegiatan yang disukai. Oleh karena itu, orang tua semestinya bisa memberikan kegiatan kreatif untuk anak TK. Dimana kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menstimulasi perkembangan otak anak.

Dalam memberikan kegiatan, orang tua bisa menemaninya, ikut bermain, dan menyelipkan edukasi dengan cara kreatif. Buat orang tua yang masih bingung ingin melakukan kegiatan apa, Anda bisa melakukan beberpa ide kegiatan kreatif berikut ini:

  1. Mewarnai Sebuah Gambar

Pada dasarnya anak-anak akan merasa tertarik saat melihat banyak warna. Mengajak anak untuk mewarnai bertujuan untuk mengenalkan nama-nama warna dan melatih ketelitian dalam mewarnai.

Beritahu anak tentang nama warna dan minta akan menyebutkan kembali nama warna tersebut. Hal ini sangat baik untuk mengasah daya ingat anak dan kemampuan berbicara. Ajari anak untuk mewarnai dengan rapi sesuai obyek yang diwarnai. Tidak perlu gambar yang rumit, cukup berikan gambar sederhana seperti lingkaran, bintang, dan lain-lain.

  1. Ajak untuk Corat-Coret

Jika biasanya anak akan corat-coret disembarang tempat, sekarang tuntun anak untuk melakukannya di kertas. Perlahan ajari anak untuk menggambar garis lurus, lingkaran, atau menulis huruf dan angka.

  1. Buatlah Lukisan Bersama

Ide kegiatan kreatif untuk anak TK selanjutnya yaitu mengajak anak melukis bersama. Beritahu anak apa tema lukisan yang akan dibuat, atau biarkan anak yang menentukan. Jika ide dari orang tua, Anda bisa melukas sambil bercerita, lalu meminta anak melukis sesuai cerita tesebut.

Tidak perlu orang tua yang mahir melukis, cukup melukis sesuatu yang mudah digambar saja. Tujuan kegiatan ini yaitu menguji pemahaman anak tentang arahan orang tua dan mengenalkannya pada bidang seni rupa ini.

  1. Bermain dengan Kertas Origami

Selanjutnya ada kegiatan bermain dengan kertas origami untuk membentuk sebuah objek. Kegiatan ini berfungsi untuk menguji pemahaman anak dalam mengikuti instruksi, mengasah kreatifitas anak, dan melatih kesabaran.

Ajak anak membentuk sebuah bentuk yang ia sukai, ajari cara melipat kertas yang benar dan rapi. Lalu minta anak melakukan kembali sendiri. Jika tidak ada kertas origami, gunakan saja kertas tulis biasa atau kertas lain yang ada di rumah.

  1. Melakukan Kegiatan Rumah Bersama

Ada banyak jenis kegiatan di rumah yang bisa dilakukan bersama dengan anak sekaligus sebagai media edukasi. Misal ajak membersihkan rumah, tujuannya yaitu mengajari anak untuk bertanggung jawab dan beritahu pentingnya menjaga kebersihan.

Kegiatan lainnya yaitu memasak, baik anak perempuan atau laki-laki orang tua bisa mengajaknya memasak bersama dengan tujuan mengenalkan peralatan memasak, bahan-bahan makanan dan cara mengolahnya. Atau jika anak suka bermain diluar, Anda bisa mengajak anak berkebun.

Dalam melakukan kegiatan kreatif untuk Anak TK, jangan lupa untuk selalu mengajak anak ngobrol. Hal tersebut bertujuan melatih komunikasi anak dan mengakrabkan anak pada orang tua. Selamat mencoba!

5 Cara Menjaga Kesehatan Otot dengan Mudah Previous post 5 Cara Menjaga Kesehatan Otot dengan Mudah
Pelatihan Prakerja Gelombang 18 Skill Fotografi yang Bagus  Next post Pelatihan Prakerja Gelombang 18 Skill Fotografi yang Bagus