5 Cara Menjaga Kebersihan Organ Intim Wanita

5 Cara Menjaga Kebersihan Organ Intim Wanita

Organ intim wanita harus dijaga dengan baik agar bisa mendukung kenyamanan Anda sendiri. Pasalnya, organ intim wanita yang terawat bisa mencegah Anda terhindar dari penyakit reproduksi seperti bau tidak sedap, infeksi, keputihan, gatal-gatal, kandidiasis, dan lain-lain. Pastikan Anda selalu rajin membersihkan organ intim setiap BAK, BAB atau mengganti pembalut rutin pada periode menstruasi.

Menjaga Organ Intim Wanita Sehari-hari

Bila Anda ingin organ intim senantiasa bersih, sehat dan memiliki aroma sedap yang mendukung kenyamanan berhubungan dengan pasangan, sebaiknya ketahui tips merawat organ intim setiap hari yaitu :

1.                 Membersihkan bagian intim dengan benar

Anda bisa membersihkan bagian intim setiap melakukan rutinitas BAK dan BAB dengan dibasuh air bersih dari depan ke belakang, termasuk setelah berhubungan intim dengan pasangan tercinta.

2.                 Tidak memakai pembersih vagina dengan pengharum

Kandungan pembersih organ intim yang ada di pasaran harus Anda perhatikan lebih detail. Hindari memakai pembersih organ intim dengan kandungan parfum yang bisa menyebabkan risiko iritasi.

Pilih produk sabun non pengharum dan mengandung pH normal yang tidak mengganggu keseimbangan pH vagina yang bersifat asam. Pemakaian sabun pembersih yang mengandung pewangi rentan menyebabkan risiko kandidiasis pada wanita.

3.                 Memakai pakaian dalam yang berbahan lembut

Hindari memakai pakaian dalam dengan model thong yang bisa menyebabkan bakteri anus berpindah ke bagian depan. Ada baiknya Anda memilih pakaian dalam yang berbahan lembut atau terbuat dari katun. Bahan katun bisa mendukung kenyamanan aktivitas, menyerap keringat, bebas gerah, dan tidak menyebabkan jamur vagina.

4.                 Rajin ganti pembalut setiap 3-4 jam

Selama masa menstruasi, Anda harus rajin mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali guna mendukung kesehatan organ intim lebih optimal. Selain itu, pembalut yang tidak segera diganti rentan menyebabkan kelembaban pada organ intim sehingga jamur vagina berkembang biak maksimal. Pastikan pula Anda memakai pembalut yang tidak memiliki bahan pewangi yang bisa sebabkan risiko alergi pada organ reproduksi.

5.                 Hindari pemakaian celana yang ketat

Celana yang terlalu ketat bisa menyebabkan kulit di sekitar organ intim tidak mampu bernapas dengan baik. Sirkulasi udara yang terganggu karena pemakaian celana ketat seperti celana jeans bisa menyebabkan tingkat kelembaban lebih tinggi. Anda rentan terserang penyakit jamur vagina yang sebabkan bau tidak sedap, gatal-gatal, iritasi kulit, dan lain-lain.

Kandidiasis bisa diatasi dengan melakukan perawatan vagina yang benar di atas! Selain tips penting dalam merawat organ intim wanita, Anda juga harus menghindari perilaku seks menyimpang yang bisa mengakibatkan masalah pada vagina.

Bila Anda merasakan gejala peradangan atau nyeri pada organ intim, maka waspadai risiko terkena penyakit komplikasi seperti radang panggul atau kanker serviks. Pemeriksaan dini bisa membantu Anda mengetahui dan melakukan penanganan kesehatan lebih optimal, ya!

Indahnya Destinasi Wisata Labuan Bajo Previous post Indahnya Destinasi Wisata Labuan Bajo
Tanya Dokter Online untuk Berbagai Masalah Kesehatan Next post Tanya Dokter Online untuk Berbagai Masalah Kesehatan