4 Cara Memberikan Makanan Bagus Untuk Kucing, Agar Selalu Sehat

4 Cara Memberikan Makanan Bagus Untuk Kucing, Agar Selalu Sehat

Memberikan makanan bagus untuk kucing sangat dibutuhkan, supaya tumbuh kembangnya maksimal. Tapi, tak semua pemilik hewan tersebut berhasil memberikan yang terbaik. Hanya yang menerapkan cara memberikan yang benarlah yang akan bahagia melihat peliharaan mereka tumbuh sehat.

Pentingnya Makanan Bagus Untuk Kucing

Kategori makanan bagus adalah, yang mengandung vitamin dan mineral penting yang diperlukan hewan tersebut selama masa pertumbuhan hingga dewasa. Sama halnya dengan manusia, semakin bagus makanan yang dikonsumsi maka kesehatannya juga akan semakin terjaga.

Makanya perlu memilih makanan yang tepat dan memberikannya dengan cara yang tepat. Jangan sampai kucing Anda kurang gizi atau malah kelebihan gizi yang sama-sama bisa memicu timbulnya penyakit.

4 Cara Memberikan Makanan Bagus Untuk Kucing

Cara yang tepat untuk memberikan makanan untuk kucing ada beberapa, Anda harus mengetahuinya supaya bisa menerapkannya.

  • Pastikan Porsinya

Beda usia kucing akan beda pula porsi atau takaran makanan yang diberikan. Anda perlu tahu berapa usia kucing kesayangan saat ini. Kemudian sesuaikan dengan porsi berikut ini.

  1. Umur 6-12 Minggu

Ketika kucing baru lahir hingga usia enam minggu, makanan utamanya adalah susu induk atau susu formula. Setelah itu, bisa diberikan makanan dengan porsi antara 25 gram sampai 80 gram. Pemberiannya bisa dibagi menjadi empat bagian dan dilembutkan menggunakan air, agar mudah dicerna.

  1. Umur 12-26 Minggu

Makanan yang dibutuhkan porsinya antara 45 gram hingga 105 gram dengan pembagian tiga kali makan.

  1. Umur 26-52 Minggu

Dibutuhkan 105 gram ke atas, yang bisa dibagi untuk maksimal tiga kali penyajian.

  1. Kucing Dewasa

Beda lagi dengan kucing dewasa yang berumur satu tahun ke atas, takaran makanannya disesuaikan dengan berat badan. Untuk berat maksimal 4 kg maka makanan yang diberikan antara 35 gram sampai 65 gram.

Sedangkan untuk berat maksimal 6 kg, makanannya maksimal 100 gram, kemudian untuk berat maksimal 8 kg, makanannya antara 100 gram sampai 130 gram sehari.

  1. Kucing Tua

Sedangkan untuk kucing yang sudah berusia tua pemberian makannya juga memiliki porsi sendiri. Untuk usia 7-11 tahun, makanannya berkisar 30 gram hingga 105 gram sesuai berat badannya. Sedangkan untuk usia 12 tahun lebih, makanannya berkisar 35 gram sampai 135 gram.

Jadi, sebelum memberikan makanan, Anda perlu memastikan terlebih dahulu berapa berat badan kucing tersebut. Agar nutrisi yang diberikan tetap mencukupi, sebab usia tua membutuhkan asupan gizi yang tepat supaya kesehatannya tetap terjaga.

  • Kombinasi Makanan

Anda juga perlu memberikan makanan secara selang seling, baik itu makanan jenis basah maupun kering. Jangan hanya fokus pada salah satu jenis saja, supaya efek buruk makanan tidak membuat giginya atau pencernaan masalah.

Saat ini, Pro Plan memiliki dua pilihan jenis makanan kucing yang bisa Anda kolaborasikan tersebut. Tinggal menyesuaikan variannya dengan kondisi kucing, dan berikan sesuai takaran yang dianjurkan.

Demikianlah penjelasan tentang makanan bagus untuk kucing yang sangat dibutuhkan para pecinta hewan tersebut. Anda bisa menerapkannya mulai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Susu yang Diperlukan untuk Tumbuh Kembang Anak 5-12 Tahun Previous post Susu yang Diperlukan untuk Tumbuh Kembang Anak 5-12 Tahun
Cara Membaca Laporan Keuangan Bagi Investor Next post Cara Membaca Laporan Keuangan Bagi Investor